Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Membuat Dendeng Daging Sapi Basah Empuk

Resep Membuat Dendeng Daging Sapi Basah Empuk - Cara membuat dendeng basah kali ini saya tuliskan dengan sesederhana mungkin, supaya bagi yang pemula bisa mempraktikkannya dengan mudah dan anti gagal. Resep masak dendeng sapi basah ini saya ganti dagingnya dengan daging has dalam, karena saat saya coba cari daging sapi yang bagus tidak ketemu jadi saya ganti saja dengan daging has yang mudah kita temui. Yuk langsung saja kita belajar memasak dendeng basah berikut ini.

Oya, banyak juga yang tanya sama aku bunda bagaimana resep dendeng sapi balado. Mungkin nantinya dalam postingan berikutnya akan saya ajarkan juga resep dendeng balado. Nah kita masuk ke tahap menyiapkan bahan-bahan dan bumbu dendeng sapi basah yang di siapkan untuk membuatnya. Pada artikel sebelumnya juga sudah saya share bagaimana caranya agar mencairkan daging beku dengan cepat


Resep Masak Dendeng Sapi Basah


Bahan-bahan :

  • Daging has dalam sebanyak 300 gr yang kita iris tipis dengan ketebalan sekitar 1 cm
  • Santan kelapa dari satu butir kelapa sebanyak 600 ml
  • Daun salam sebanyak 2 lembar saja
  • Garam sebanyak 1 seperempat sendok teh
  • Minyak goreng sebanyak 2 sdm


Bumbu Halus Dendeng Sapi :


  • Bawang merah sebanyak 5 butir saja
  • Bawang putih sebanyak 3 siung
  • Kemiri sebanyak 3 butir
  • Merica sebanyak setengah sendok teh
  • Ketumbar sebanyak 1 sendok teh
  • Lengkuas sebanyak 6 cm


Cara Memasak Dendeng Sapi Basah :



  1. Pertama kita tumbuk dan memarkan daging secara perlahan dengan memakai palu kayu khusus daging.
    cara memasak dendeng sapi basah

  2. Bumbu halus kemudian kita tumis juga daun salamnya sampai kira-kira aromanya mulai harum cara buat dendeng sapi
  3. Masukkan dagingnya, lalu kita aduk sampai dagingnya warnanya berubah.
    resep dendeng sapi
  4. Masukkan santan seperempat bagian bersama garam kemudian kita masak lagi hingga kuahnya mulai mengental. Tuangkan lagi 1/4 bagian santan  dan masak sampai mengental , lalu yang terakhir tambahkan lagi santannya yang 1/4 terakhir dan masih tetap kita aduk sampai mengental dan sisa santan habiskan saja. Aduklah hingga muncul minyaknya. 
    resep masak dendeng sapi basah

Selesai sudah "cara memasak dendeng sapi basah" ini dan saatnya untuk menyajikannya pada piring atau mangkuk saji. Untuk mempercantik tampilan bisa diselipkan sayuran hijau sebelum menaruh dendeng sapi basah ini. Oya, tips saat merebus dendeng ini sebaiknya menggunakan api yang kecil saja. Hal ini agar bumbu dendeng yang kita buat bisa meresap secara sempurna hingga kedalam daging dan empuk. Terimakasih sudah membaca artikel resep masakan Resep Membuat Dendeng Daging Sapi Basah Empuk. Jika sekiranya resep ini bermanfaat saya gak nolak kalau dikasih like atau vote google plusnya, apalagi kalau dishare buat bunda dan sista yang belum tahu.

Incoming Search Result : dendeng daging sapi basah, cara memasak dendeng sapi basah, cara buat dendeng sapi basah, bumbu dendeng sapi basah, resep masakan dendeng sapi basah, resep dendeng sapi balado basah, resep masak dendeng sapi basah.

Resep Membuat Dendeng Daging Sapi Basah Empuk