Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Simpan Kue Kering Agar Renyah Lebih Lama

Liputan6.com, Jakarta Pada momen-momen tertentu, seperti perayaan hari besar, arisan famili, atau tahun baru, stok kue kering di lemari rumah Anda niscaya bertumpuk.

Yap, kue kering sering menjadi camilan pilihan untuk menyambut momen-momen spesial. Selain praktis serta mudah dibuat sendiri, kue kering juga tahan lama bisa disimpan hingga berbulan-bulan.

Namun, seperti dikutip dari Rumah.com, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kerenyahan serta rasa kue kering meski telah disimpan lama di dalam stoples.

Jenis kue

Ketahui jenis kue yang akan Anda simpan. Kue kering bersama tekstur lembut seperti nastar, kastengel, putri salju, atau cookies cokelat sebaiknya disimpan di dalam wadah plastik yang ukurannya tidak terlalu tinggi.

Wadah plastik akan menjaga kue tetap lembut. Isi stoples hingga penuh untuk meminimalisasi rongga udara. Sementara untuk kue-kue yang renyah seperti kue bawang, cheese steak, semprong, atau kacang sebaiknya simpan di dalam stoples kedap udara agar tetap renyah.

Gunakan kertas wax/kertas roti

Kertas wax/kertas roti digunakan sebagai alas untuk memisahkan setiap tumpukan kue. Kertas wax dapat menyerap minyak dari kue sehingga kue tetap kering meski tersimpan lama.

Pisahkan tempat penyimpanan

Sebaiknya Anda memisahkan lemari penyimpanan kue-kue kering bersama makanan lain agar baunya tidak tercampur. Meski berada dalam stoples, kue kering rentan terganggu baunya sehingga terasa apak.

Taruh di kulkas

Mendinginkan kue dapat membuat kue tetap renyah. Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, simpan kue di stoples kedap udara serta pastikan tertutup rapat. Langkah ini bisa membuat kue tetap renyah hingga pertengahan tahun.

Anginkan setelah matang

Hindari langsung memasukan kue ke stoples setelah matang. Jika disimpan langsung ketika masih panas, udara panas dalam stoples akan membuat kue melempem serta rusak. Karena itu, setelah kue matang sebaiknya diangin-anginkan dulu hingga kue benar-benar dingin.

(Simak juga: Tips Cepat Segarkan Suasana Dapur)

Pastikan wadah kering

Sebelum memasukkan kue ke stoples, Anda harus memastikan bahwa wadah yang digunakan untuk menyimpan benar-benar kering.

Jika wadah yang akan digunakan baru dicuci, lap menggunakan tisu kering. Lalu angin-anginkan atau jemur stoples sesaat di bawah sinar matahari. Stoples yang lembap akan membuat kue cepat berjamur.

Kemasan garam dalam stoples

Untuk menjaga kelembapan udara di dalam stoples, Anda dapat menambahkan bungkusan garam sebagai pengganti silica gel. Bungkus 1-2 sendok teh garam, bungkus di dalam kain lalu masukan ke stoples.

Simpan di tempat kering

Simpan kue di tempat yang kering, jauh dari paparan sinar matahari atau dari benda yang berbau menyengat.

Kebanyakan rumah baru berukuran menengah serta kecil menempatkan area dapur di area terbuka di bagian belakang. Tertarik memiliki rumah baru di bawah Rp300 Juta? Simak puluhan pilihannya di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto
Trik Simpan Kue Kering Agar Renyah Lebih Lama