Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Ayam Kuluyuk

Resep Masakan Ayam Kuluyuk - Cara membuat resep ayam kuluyuk sederhana mudah dipraktekkan dan membuatnya. Pelengkap untuk membuat ayam kuluyuk ini yaitu dengan menambahkan saos tomat. Selain itu penyedap masakan yang digunakan untuk membuat ayam kuluyuk ini sangat unik, yaitu dengan menggunakan buah nanas sebagai penyedapnya. Citarasa masakan ayam kuluyuk ini bertekstur dan mempunyai rasa yang manis dan asam. Tahukah sista, darimana asal resep masakan ayam kuluyuk enak ini ? Bagi yang belum tahu saya kasih tau ya. Resep ayam kuluyuk ini berasal dari negeri China dan sudah sangat terkenal sejak jaman dahulu. Menu rahasia resep makanan dan masakan yang Resep Masakan Indonesia Praktis bagikan ini boleh anda copy dan dicoba praktekkan dirumah. Yuk kita lihat seperti apa kelanjutan dari cara buat masakan ayam kuluyuk ini.

Resep Ayam Kuluyuk Enak

Bahan Membuat Masakan Ayam Kuluyuk :


  • Daging ayam kuluyuk dengan irisan kecil-kesil sebanyak 300 gr.
  • Irisan bawang bombay sebanyak 10 gr.
  • Irisan Paprika sebanyak  50 gr.
  • Cabe merah sebanyak 2 buah tergantung selera anda yang sudah diiris dan buang bijinya.


Bahan Bumbu Resep Ayam Kuluyuk :

  • Untuk bumbunya bisa dengan bawang putih sebanyak 1 siung saja yang dicincang halus. Kemudian saos tomat sebanyak 2 sdm. Tidak lupa Kecap Inggris atau sesuaikan dengan selera anda sekitar 1 sdt saja. Tambahkan cuka 1 sdt atau sesuai selera. 
  • Tambahkan gula pasir sebanyak setengah sendok teh (sdt). Kemudian tambahkan lada sesuai dengan selera sista semua. Yang terakihr adalah tepung sagu yang sudah dilarutkan sebanyak setengah gelas.


Resep Cara Mebuat Ayam Kuluyuk

  • Cara yang pertama ambil daging ayam yang sudah di fillet dan dicampur dengan lada serta garam. kemudian ayam tadi kita bubuhi atau balurkan dengan tepung terigu seperti kita sedang membuat ayam goreng fried chicken.
  • Goreng ayam kuluyuk dengan api sedang agar tidak cepat gosong diluar. Tambahkan saos dengan cara pembuatan saos seperti bawang putih yang ditumis bersama bawang bombay sampai baunya bener-bener harum.
  • Masukkan cabai, nanas, paprika dan tumis hingga terlihat layu. Setelah itu tambahkan saos tomat, kemudian gula dan juga garam dicampur jadi satu dan aduk sampai tercampur rata.
  • Tambahkan air putih secukupnya dan biarkan hingga air tsb mendidih. Setelah mendidih selanjutnya tambahkan kecap inggris. 
  • Langkah yang terakihr adalah taburkan tepung sagu yang sudah dilarutkan terlebih dahulu dengan air untuk memperoleh kuah ayam kuluyuk yang kental dan nikmat. teruskan memasak sampai kuahnya kental setelah itu baru diangkat dan sajikan.


Untuk penyajian makannya adalah Ayam kuluyuk yang sudah kita siapkan tadi taroh diatas piring lebar kemudian kita guyur dengan saos ayam kuluyuk yang nikmat dan enak. Nah gampangkan cara membuatnya ? Baca artikel saya sebelumnya resep masakan Indonesia. Terimakasih sista n mbak semua sudah membaca artikel resep masakan ane yang praktis dan sederhana ini dengan judul Resep Masakan Ayam Kuluyuk ini.