Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Roti Kukus Coklat Sederhana Mekar Sempurna

Resep Roti Kukus Coklat Sederhana Mekar Sempurna - Resep cara membuat roti kukus coklat mudah dan sederhana untuk kita buat. Roti Kukus coklat yang saya bikin kali ini mempunyai variasi rasa yaitu coklat. Sebenarnya masih banyak lagi sih varian rasa dari roti kukus yang mirip bakpau ini seperti roti kukus keju, roti kukus rainbow atau pelangi, roti kukus bandung dan roti kukus pandan serta masih banyak lagi variasi roti kukus resep ini. Namun untuk edisi kali ini saya buat untuk resep roti kukus yang rasa coklat saja, karena resep roti kukus coklat mekar ini sangat banyak peminatnya. Yuk langsung kita scroll untuk cari tau bagaimana cara membuat roti kukus yang gampang dipraktekkan. Oh ya,.. pada update edisi sebelumnya saya juga membahas Resep Bolu Kukus Tape Ketan Hijau Enak dan Empuk 

Bahan Dasar Roti Kukus :


  • Tepung terigu dengan kandungan protein yang sedang sebanyak 300 gr
  • Baking powder sebanyak 1 sdt
  • Ragi instan sebanyak 1 sdt
  • Gula pasir sebanyak 25 gr
  • Air sebanyak 150 mili liter
  • Mentega putih sebanyak 2 sdm

Bahan Isian Coklat : Mesyes ceres sebanyak 150 gr

Membuat Roti Kukus Coklat Sederhana Mekar Sempurna


Cara Membuat Roti Kukus Coklat Meses :


  1. Tepung terigu bersama baking powder kita ayak hingga halus kemudian kita beri tambahan ragi instan dan juga gula pasir.
  2. Berikan air sedikit-sedikit sambil tetap diuleni hingga adonan menjadi lembut. Tuangkan mentega yang putih. Uleni lagi sampai kalis dengan cara dibanting sampai kira-kira sudah kalis juga lentur tekstur adonan rotinya.

  3. Diamkan adonan roti ini sekitar 20 menitan. Nah sekarang adonan sudah siap kita pergunakan.
  4. Adonan yang sudah siap kita timbang menjadi sekitar 40 gr untuk kita jadikan roti. Nah untuk isiannya kita gunakan mesyes ceres coklat dan kita tutup dengan bentuk bulatan kembali adonan rotinya. Tata adonan ini diatas loyang leaf yang sebelumnya kita olesi dengan mentega putih. Adonan yang sudah berisi mesyes coklat kita diamkan lagi sekitar 15 menit.
  5. Semua adonan roti kita kukus hingga matang dengan interval waktu sekitar 15 menit. 


Selesai sudah cara mudah membuat roti kukus isi coklat sederhana yang mekar sempurna. Resep roti kukus ini untuk penyajian porsi sekitar 2 loyang leaf saja. Lama waktu persiapan sekitar 1 jam dan pembuatan roti kukus coklat sekitar 35 menit. Nah tips membuat roti kukus agar enak dikonsumsi adalah makanlah roti kukus ini pada saat keadaan masih panas-panas. Hmmmm.... nyammm nyammmm,... enak banget roti kukus isi coklat ini. Kalau roti sudah mulai dingin baiknya untuk mengkonsumsinya lagi kita hangatkan terlebih dahulu. Baca juga resep berikutnya yaitu Cara Membuat Resep Roti Kukus Isi Ayam Kecap.